depan

DPRD Fasilitasi Keluhan Masyarakat

Terkait Pelaksanaan Pilkades
Kamis, 5 November 2015 | 14:31:21

Tembilahan, Berita Inhil.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Rakyat Rakyat Rakyat Daerah ( DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil) akan memfasilitasi laporan yang disampaikan masyarakat terkait dengan dugaan pelanggaran prosedur yang dilakukan oleh panitia Pilkades dalam pelaksanaan pilkades serentak di Inhil.

Seperti yang disampaikan beberapa orang perwakilan masyarakat Desa Sungai Undan, Kecamatan Reteh, Kamis (5/11/2015) ‎ Muhammad Taher Siddiq saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi I DPRD Inhil saat itu mengatakan bahwa masyarakat Desa Sungai Undan menggugat keputusan panitia Pilkades setempat, yang hanya menetapkan 3 calon yang berhak mengikuti Pilkades.

Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) sudah dijelaskan bahwa jumlah calon yang dibolehkan mengikuti Pilkades serentak pada tanggal 25 November mendatang adalah sebanyak 5 calon.

"Ini jelas-jelas melanggar peraturan daerah, mana bisa bertindak seperti ini, kami minta tindakan yang melanggar peraturan ini diambil langkah tegas, " sampaikannya. 

Kedatangan belasan masyarakat tersebut disambut Wakil Ketua Komisi I DPRD Inhil, H Bakri H Anwar didampingi Sekretaris, Mu'amar AR dan anggota, Andi Rusli, serta Kabag Humas Setwan, Eri Yawardana.

Menanggapi keluhan yang disampaikan perwakilan masyarakat Desa Sungai Undan itu Sekretaris Komisi I Muamar Armain mengaku akan menindak lanjutnya dengan berkoordinasi bersama beberapa pihak terkait.

Menurutnya segala peraturan yang telah dibuat dan disahkan secara bersama tidak boleh dilangkahi. Apalagi pelaksanaan Pilkades tersebut seudah di Perdakan, dengan demikan semua kegiatan yang ada dalam proses Pilkades harus sesuai dengan peraturan yang telah disepakati bersama.

Senada dengan itu Wakil Ketua Komisi I H Bakri H Anwar mengungkapka hal yang sama, apa yang terjadi di Desa Sungai Undan tersebut dikatakannya kemungkinan karena masyarakat atau panitia setempat masih kurang mengetahui tentang peraturan daerah yang telah ditetapkan.

"Bisa kemungkinan karena ketidak tahuan makanya terjadi demikian, atau mengetahui tapi sengaja melanggar. Langkah pastinya akan kami tindak lanjuti dengan berkoordinasi bersama pihak terkait seperti BPMPD, " cetusnya.(her/adv)

BERITA LAINNYA
Kadinkes Minta Petugas Kesehatan Tingkatkan Layanan
Senin, 4 Januari 2016 | 22:25:12
Dani Minta 5 Pejabat Ini Segera Menyesuaikan Diri
Kamis, 7 Januari 2016 | 21:02:26
DPRD Gelar Paripurna I 2015,Penyampaian Hasil Reses
Rabu, 6 Januari 2016 | 21:07:15
Seharusnya PAD Dapat di Tingkatkan Lagi
Jumat, 1 Januari 2016 | 22:39:46
Dana Untuk Siswa Miskin Jangan di Potong
Kamis, 10 Desember 2015 | 15:04:15
DPRD inhil Dukung Pembangunan Gedung Baru RSUD PH
Kamis, 5 November 2015 | 11:34:06
BERIKAN KOMENTAR