depan

Pencairan Dana Desa Harus Di Permudah

Kamis, 5 November 2015 | 11:29:59
‎Tembilahan, Berita Inhil.Com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah ( DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir meminta kepada pihak terkait agar mempermudah dalam pencairan dana desa. Jika melihat ketersediaan waktu utnuk melaksanakan pembangunan saat ini maka semua pihak harus mendukung agar desa mampu menyerap anggaran untuk pembangunan. 

Pertanyaan itu disampaikan Ketua Komisi I Yusuf Said saat rapar dengan pendapat, bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( BPMPD) , Inspektorat, Bagian Hukum, Bagian Keuangan dan Tim Leader dari program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) , Jum'at (16/10/2015) bertempat diruang rapat Komisi I.

Yusuf Said mengatakan bahwa dirinya mendengar adanya pengakuan dari kepala desa bahwa sedikit mengalami kesulitan dalam mencairkan dana desa untuk tahap yang ke 2. Seharusnya berdasarkan Intruksi dari Presiden dan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 6 Tentang Desa maka dana pusat yang diperuntukan bagi desa harus segera di transfer ke rekening desa.

"Jadi sifatnya hanya numpang lewat saja dari kas kabupaten, lalau selanjutnya uang tersebut dimasukan kedalam rekening desa," sebutnya. Desa bersifat indevenden dan tidak bisa di intervensi. Adapun terkait penggunaan dana dan pertanggungjawaban dana itu semua beban dipundak desa.

"Kita serahkan saja cepat dana desa itu. Biar mereka (desa,res) dapa segera membangun, terkait dengan pertanggungjawaban itu semua dipundak desa. Kita jangan mau tersangkut paut atas dana dan penggunaan dana yang dilakukan ditingkat desa, karena desa bersifat otonom, " tambahnya. 

Politi Partai Golongan Karya ini juga menambahkan, kepada aparatur desa untuk saat ini agar fokus pada pembangunan desa dan penyelesaian program pembangunan. Adapun persoalan yang lain harus dikesampingkan terlebih dahulu.

"Waktunya sudah sangat mepet. Jangan sampai desa tidak berjalan pembangunannya yang berakibat pada banyaknya dana yang tidak terpakai sehingga akan menjadi Silva keuangan. Kalau sudah itu terjadi dampaknya akan dirasakan oleh kita semua," papar Yusuf Said.(her/adv)

BERITA LAINNYA
Kadinkes Minta Petugas Kesehatan Tingkatkan Layanan
Senin, 4 Januari 2016 | 22:25:12
Dani Minta 5 Pejabat Ini Segera Menyesuaikan Diri
Kamis, 7 Januari 2016 | 21:02:26
DPRD Gelar Paripurna I 2015,Penyampaian Hasil Reses
Rabu, 6 Januari 2016 | 21:07:15
Seharusnya PAD Dapat di Tingkatkan Lagi
Jumat, 1 Januari 2016 | 22:39:46
Dana Untuk Siswa Miskin Jangan di Potong
Kamis, 10 Desember 2015 | 15:04:15
DPRD inhil Dukung Pembangunan Gedung Baru RSUD PH
Kamis, 5 November 2015 | 11:34:06
BERIKAN KOMENTAR