depan
  • Home
  • Religi
  • 3 Hewan Yang Bisa Melihat Malaikat Dan Setan Menurut Islam

3 Hewan Yang Bisa Melihat Malaikat Dan Setan Menurut Islam

Kamis, 17 November 2016 | 20:55:30

Berita Islam Terkini - Puji syukur kepada Allah SWT, karena kita tak di beri kelebihan melihat malaikat dan setan seperti halnya kemampuan yang dimiliiki beberapa hewan ini. Jika kita diberi kemampuan serupa, mungkin hidup kita tidak mungkin tenteram justru karena kemampuan itu. Karena itulah, Tuhan Allah yang maha adil itu hanya memberikan kemampuan istimewa itu kepada ayam jantan dan keledai serta Anjing. Kenapa? Silahkan tanya kepada-Nya. Tapi kira-kira kita dapat mencari dan membuktikan secara ilmu pengetahuan tentang fenomena menarik ini.

3 Hewan Yang Bisa Melihat Malaikat Dan Setan  

Rahasia Suara Anjing dan Ayam Berkokok

“Apabila kamu mendengar anjing menggonggong dan mendengar keledai meringkik mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya mereka melihat apa yang tidak kamu lihat.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

Manusia memiliki keterbatasan khususnya dalam penglihatan. Kemampuan sistem penglihatan manusia di dunia ini terbatas. Dalam hal ini justru kalah dengan sistem penglihatan binatang, seperti anjing, keledai dan ayam jantan. Pandangan mata manusia terbatas dan tidak dapat melihat apa yang berada di bawah sinar infra merah atau di atas sinar ultraviolet.

Mitos Masyarakat

Rahasia suara Anjing dan Ayam Berkokok Sebuah penelitian mengungkapkan bila keledai dan anjing itu dapat melihat dengan sinar infra merah, sedangkan setan sendiri berasal dari jin yang diciptakan dari api. Dengan kata lain, setan termasuk dalam lingkup infra merah. Karena itulah, anjing dan keledai dapat melihat setan, tetapi tidak bisa melihat malaikat. Adapun ayam jantan, ia mampu melihat sinar ultraviolet, sedangkan malaikat diciptakan dari cahaya, artinya dari sinar ultraviolet. Karena itulah, kehadiran malaikat dapat dilihat oleh ayam jantan.

Hadits Rasulullah SAW dibawah ini:

إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ، فَاسْأَلُوا اللهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلكًا وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ، فَتَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

“Bila engkau mendengar suara ayam  jantan maka mintalah karunia kepada Allah karena ia melihat malaikat, sedangkan bila engkau mendengar ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan karena dia melihat setan.” (Shahih, diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Saat binatang yang melihat sesuatu yang tak kasat mata, binatang-binatang itu sudah tentu akan bertingkah aneh. Keledai dan anjing sikapnya ketakutan saat melihat setan karena mereka juga mempunyai insting yang luar biasa peka terhadap bahaya. Bagi anjing akan menggonggong atau melolong, sedangkan keledai akan mengeluarkan pekikannya yang keras. Mungkin juga mereka bermaksud untuk memperingatkan pemilik mereka akan kehadiran setan yang mungkin membahayakan. Sedangkan ayam jantan akan bersikap gembira ketika melihat datangnya malaikat seraya mengepakkan kedua sayap dan berkokok dengan merdunya.

Saat pagi hari, saat terbitnya matahari juga banyak terdengar ayam berkokok, namun bukan karena mataharinya, melainkan melihat cahaya yang terpancar dari para malaikat-malaikat Allah yang sedang sibuk membagikan rizky dari Allah untuk semua makhluknya setiap hari.

Demikian Pembahasan 3 Hewan Yang Bisa Melihat Malaikat Dan Setan Menurut Islam semoga bermanfaat.


BERITA LAINNYA
6 Nasehat Penuh Makna Imam al-Ghazali
Kamis, 17 November 2016 | 20:56:31
Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan
Kamis, 17 November 2016 | 20:50:30
Adab Ketika Buang Hajat dan Kencing
Kamis, 17 November 2016 | 20:47:56
BERIKAN KOMENTAR