depan
  • Home
  • Religi
  • Bupati Wardan Ikuti Prosesi Peringatan Harlah Ke - 71 Muslimat NU Dan Pelantikan PAC Muslimat NU Se - Inhil

Bupati Wardan Ikuti Prosesi Peringatan Harlah Ke - 71 Muslimat NU Dan Pelantikan PAC Muslimat NU Se - Inhil

Selasa, 25 Juli 2017 | 15:53:29
Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan mengikuti segenap rangkaian prosesi peringatan Hari Lahir (Harlah) Ke - 71 Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) dan pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU se - Kabupaten Inhil di Mesjid Yayasan Amal Bhkati Pancasila (YAMP), Tembilahan, Selasa (25/7/2017) pagi.

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dalam sambutannya, mengharapkan, keaktifan dan eksistensi yang lebih oleh Muslimat NU dari segala tingkatan dengan tujuan untuk mendukung dan mendorong kinerja Pemkab Inhil menjadi semakin baik kedepan.

"Dukungan ini dapat berguna untuk mengantisipasi isu nasional yang santer saat ini, seperti radikalisme dan kenakalan remaja seperti bahaya ngelem. Sebab, pendekatan oleh kaum ibu dianggap akan dapat lebih efektif karena diasumsikan lebih menyentuh," pungkasnya.

Spesifik, dikatakan Bupati Wardan, sinergi dan upaya untuk mengantisipasi merebaknya kenakalan remaja, bisa dilakukan dengan mengawasi tumbuh dan berkembabgnya mental anak, mengajak anak melakukan kegiatan - kegiatan positif, salah satunya mengikuti kegiatan maghrib mengaji yang saat ini menjadi program prioritas Pemkab Inhil.

"Kalau begitu, saya yakin dan percaya anak anak kita akan tumbuh menjadi anak yang baik dan senantiasa terhindar dari perilaku negatif karena disana tidak hanya belajar mengaji, ada kegiatan lainnya yang dilaksanakan. Inilah salah satu cara kita untuk mengantisipasi kenakalan remaja," terang Bupati.

Disamping itu, Bupati Wardan juga mengharapkan, peran Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Inhil dalam aspek ekonomi yang juga tercantum dalam 5 program prioritas Muslimat NU. Harapan tersebut, lanjutnya, adalah pengembangan sektor perkebunan kelapa yang menjadi 'Primadona' dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Inhil saat ini.

"Dengan potensi yang besar di bidang kelapa, Muslimat NU dapat mengambil bagian disini, seperti mengolah dan menciptakan produk turunan kelapa agar dapat nilai tambah dalam penjualannya. Selain itu, saat ini, belum ada satu badan yang representatif yang bisa memenuhi pangsa pasar produk kelapa. Padahal, permintaannya sangat besar," ungkap Bupati Wardan. 

Terakhir, dalam penyampaiannya, Bupati Wardan juga menyatakan kesediaan dari Pemkab Inhil untuk memberikan dukungan pada setiap kegiatan Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Inhil yang memiliki sasaran meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Inhil, Zulaikha Wardan mengatakan, Harlah adalah cikal bakal tumbuh dan berkembangnya Muslimat NU di kalangan masyarakat. Muslimat NU, lanjutnya, juga berperan untuk melaksanakan tugas mulia keorganisasian.

"Dalam menjalankan tugas, kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama - sama melakukan hal yang mulia sesuai dengan tujuan berdirinya Muslimat NU. Begitu pula dengan para pengurus, hendaknya senantiasa dapat menjaga kekompakan," ujar Zulaikha.

Disamping itu, eksistensi Muslimat NU, dikatakan Zulaikha Wardan juga berfungsi sebagai sarana pembelajaran bagi para anggotanya untuk lebih mengenal konsep kepemimpinan Islam. Sebab, menurutnya, konsep tersebut dianggap relevan dengan dinamika sosial yang terus meningkat intensitasnya.

"Sebagai pengurus Muslimat NU, kita harus tangguh, bukan hanya kepandaian dan kemampuan yang diandalkan, tapi kemauan untuk bekerja," tukas Zulaikha.

Selanjutnya, pada peringatan Harlah Muslimat NU yang disejalankan dengan prosesi pelantikan Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU se - Kabupaten Inhil ini, Zulaikha menyampaikan kepada pihak Pemkab akan pentingnya dukungan yang diberikan, baik dukungan secara moril maupun materiil.

"Pelantikan ini akan membawa tanggung jawab yang besar bagi Ketua PAC Muslimat NU, umumnya bagi kami semua para pengurus Pimpinan Cabang Muslimat NU Inhil. Untuk itu, kami butuh dukungan yang tidak hanya berasal dari internal organisasi, melainkan juga dari pihak eksternal organisasi, terutama dari Pemkab," pungkasnya.

Salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan oleh Pemkab terhadap Muslimat NU Inhil, diungkapkan Zulaikha Wardan,adalah pada bidang pendidikan yang merupakan fokus utama Muslimat NU secara Nasional yang juga tercantum pada 5 program prioritas Muslimat NU yang dicanangkan. 

"Peran Pemkab dalam memberikan dukungan di bidang pendidikan dapat dilakukan melalui penanaman soft skill, paling tidak bagi segenap pengurus Muslimat NU Inhil yang akan meluas kepada seluruh kaum perempuan NU," jelas Zulaikha.

Kepada seluruh Pengurus Muslimat NU Inhil, khususnya para Ketua PAC Muslimat NU se - Kabupaten Inhil yang baru dilantik, Zulaikha berpesan agar dapat selalu menjaga amanah dan amalan Islam sesuai ajaran ahli sunnah wal jama'ah serta mensterilisasi anggotanya dari ajaran yang merongrong ajaran Ahli Sunnah Wal Jama'ah ini.

"Para pengurus, diharapkan dapat terus menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik antar sesama. Semoga, dimanapun berada, Muslimat NU akan akan selalu dirasa manfaatnya bagi umat," imbau Zulaikha.

Selain prosesi Harlah dan pelantikan, bekerjasama dengan pihak Pemkab Inhil, Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Inhil juga merangkai kegiatan lainnya yang difokuskan pada bidang sosial, antara lain ialah Sunatan Massal, donor darah massal dan Pemberian santunan bagi warga kurang mampu.

"Atas kerjasama dari sejumlah instansi terkait Pemkab Inhil ini serta dengan terselenggaraanya kegiatan sosial ini saya ucapkan terima kasih dan apresiasi," ucap Zulaikha Wardan yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.
.......

BERITA LAINNYA
6 Nasehat Penuh Makna Imam al-Ghazali
Kamis, 17 November 2016 | 20:56:31
Manfaat Gerakan Salat bagi Kesehatan
Kamis, 17 November 2016 | 20:50:30
Adab Ketika Buang Hajat dan Kencing
Kamis, 17 November 2016 | 20:47:56
BERIKAN KOMENTAR