banner_header 728 x 90
besar bawah menu
Loading...
  • Home
  • Inspirasi
  • Yang Belum Memperoleh Jodoh Baca Ini ya! Inilah Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai

Yang Belum Memperoleh Jodoh Baca Ini ya! Inilah Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai

Sabtu, 4 Agustus 2018 | 19:04:19
halat istikharah jodoh dikerjakan ketika kita ragu untuk memilih pendamping hidup. Lalu bagaimana doa dan cara shalat istikharah jodoh ini? Inilah tata caranya

Dengan mempelajari tata cara shalat istikharah jodoh, diharapkan hati bisa menjadi lebih mantap dalam meminta petunjuk atau jodoh yang dirasa meragukan. Adapun tata cara shalat istikharah yang aka


n dibahas dalam artikel ini.

Shalat istikharah adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika seseorang sedang bimbang untuk keputusan yang akan diambilnya. Waktu shalat istikharah baik untuk jodoh atau pekerjaan bisa di lakukan kapan saja.

Cara sholat istikharah sangat mudah seperti shalat sunah pada umumnya. Nah, bagi anda yang tidak tahu bagaimana tata cara shalat istikharah jodoh maka kami akan memberi tahukan kepada Anda dibawah ini.

Shalat Istikharah Menurut Islam

Sebenarnya shalat istikharah ini kebanyakan dilakukan ketika umat muslim ragu-ragu dalam memilih atau memutuskan sesuatu. Sehingga shalat istikharah dilaksanakan dengan harapan untuk menghilangkan keragu-raguan, sedangkan untuk berbagai hal yang menyebabkan keragu-raguan tersebut tidak dibatasi jenisnya.

Kadang dalam hidup ini kita dihadapkan pada beberapa pilihan, beberapa pilihan itu membuat kita bingung untuk menentukan mana yang terbaik sehingga shalat istikharah adalah jawaban yang tepat. Shalat istikharah sendiri merupakan shalat sunnat sebanyak 2 rakaat atau paling banyak 12 rakaat ( 6 salam ) yang dilakukan oleh umat muslim, dan bisa dilakukan kapan saja di luar waktu shalat wajib.

Meskipun bisa dilakukan kapan saja, shalat istikharah akan lebih efektif jika dilakukan ketika waktu sepertiga malam seperti waktu pelaksanaan shalat tahajud. Alasannya adalah berdoa dan memohon petunjuk di keheningan malam bisa membuat ibadah yang dilakukan akan lebih khusyu dilakukan.

Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh Lengkap, Mustajab Langsung dapat Petunjuk

 Yang Belum Memperoleh Jodoh Baca Ini ya! Inilah Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh, Mulai Niat dan Doa Lengkap Hingga Selesai

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran.

Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Dari hadist ini bisa disimpulkan bahwa shalat istikharah mampu menjadi jawaban atas apa yang tengah kita risaukan.

Maka, untuk memberikan penjelasan yang lebih baik lagi. Inilah tata cara shalat istikharah jodoh, karir, atau permasalahan apa pun yang tengah membuat kita bingung dan ingin terselesaikan.

Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

1. Bersuci, baik wudhu atau tayammum
2. Membaca niat shalat istikharah
Niat sholat istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

Ushalli sunnatal istikhorooti rok’ataini lillahi ta’aala

Artinya: “Aku berniat sholat istikharah dua rekaat karena Allah Ta’ala.”

3. Selanjutnya, seperti shalat sunah biasanya.

Hanya saja setelah Alfatihah pada rekaat pertama bacaan surat pendeknya Al Quran Surat Al Kafirun (qulya ayyuhal kafirun …) dan rekaat kedua setelah Al Fatihah adalah Surat Al Ikhlas (qul huwallahu ahad ..)

4. Membaca doa shalat istikharah

Doa sholat istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِك وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوبِ ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ ، وَاقْدُرْ لِى الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِى

“Allahumma inni astakhii-ruka bi ‘ilmika, wa astaq-diruka bi qud-ratika, wa as-aluka min fadh-likal adziim, fa in-naka taq-diru wa laa aq-diru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro khoiron lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faq-dur-hu lii, wa yas-sirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khoiro haitsu kaana tsumma ardhi-nii bih”

Artinya:
Ya Allah, aku memohon petunjuk memilih yang baik dalam pengetahuan-Mu, aku mohon ditakdirkan yang baik dengan kodrat-Mu, aku mengharapkan karunia-Mu yang besar. Engkau Maha Kuasa dan aku adalah hamba-Mu yang dhaif. Engkau Maha Tahu dan aku adalah hamba-Mu yang jahil. Engkau Maha Mengetahui semua yang gaib dan yang tersembunyi. Ya Allah, jika hal ini (…) dalam pengetahuan-Mu adalah baik bagiku, baik pada agamaku, baik pada kehidupanku sekarang dan masa datang, takdirkanlah dan mudahkanlah bagiku kemudian berilah aku berkah daripadanya. Tetapi jika dalam ilmu-Mu hal ini (…) akan membawa bencana bagiku dan bagi agamaku, membawa akibat dalam kehidupanku baik yang sekarang atau masa yang akan datang, jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah aku darinya. Semoga Engkau takdirkan aku pada yang baik, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Nah, itulah tata cara shalat istikharah jodoh lengkap dan mustajab. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi Anda.





BERITA LAINNYA
Loading...
Benarkah Minum Air Es Setelah Makan Membuat Gemuk?
Senin, 20 Agustus 2018 | 11:43:41
"Yah mulai hari ini saya tidak mau ke masjid lagi"
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 04:00:17
Apakah Sidik Jari Dapat Hilang?
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 03:36:25
BERIKAN KOMENTAR
loading...