depan
  • Home
  • Kesehatan
  • Kesehatan 6 Hal Ini yang Paling Banyak Jadi Pemicu Alergi Pada Manusia

Kesehatan 6 Hal Ini yang Paling Banyak Jadi Pemicu Alergi Pada Manusia

Kamis, 17 November 2016 | 20:41:43

6 Hal Ini yang Paling Banyak Jadi Pemicu Alergi Pada Manusia

By C Novita / Published on Wednesday, 16 Nov 2016

obat-alergi1

Raksi alergi dapat dialami oleh sebagian orang, sementara orang lain tidak menghasilkan reaksi yang sama. Masing-masing berbeda berdasarkan sistem kekebalan tubuhnya sendiri. Secara umum alergi adalah respon abnormal dari kekebalan tubuh manusia terhadap suatu zat, yang dianggap berbahaya padahal sebenarnya tidak. Misalnya saja suhu dingin, debu, serbuk bunga, dan beberapa hal lain lagi yang bagi orang normal tak berbahaya.

Pemicu alergi ini disebut alergen. Umumnya manusia akan mengalami reaksi alergi seperti gatal, sesak napas, bengkak, bahkan hingga meninggal dunia jika tubuhnya terpapar alergen.

Ada 6 macam alergen yang paling sering jadi pemicu alergi pada manusia. Berikut ini paparannya seperti dilansir laman Healthline:

Alergi udara/suhu

Alergi tersebut muncul bila suhu terlalu dingin atau lembab. Sel mast yang ada dalam tubuh akan memproduksi suatu senyawa yang disebut histamin, sehingga memicu munculnya berbagai reaksi di tubuh semisal bengkak, gatal, sesak napas, dan lainnya. Antibodi tidak bisa menahan kondisi suhu tersebut sehingga memunculkan reaksi alergi.

Alergi binatang tertentu

Biasanya binatang seperti kucing/anjing yang menjadi alergen, disebabkan bulunya. Ada pula yang alergi terhadap serangga dan kutu sehingga menimbulkan reaksi seperti gatal, bersin, sesak napas, dan ruam di permukaan kulitnya.

Dermatitis kontak

Ini adalah radang di kulit akibat kontak dengan zat tertentu, yang memicu gatal, ruam dan merah. Misalnya saat kulit memegang air, yang berakibat merah dan gatal. Walau tidak berbahaya namun sangat mengganggu.

Makanan

Alergi makanan juga sering dialami, yang efeknya dapat tampak di kulit, organ pencernaan, atau bengkak di bibir dan wajah.

Alergi obat

Ini terjadi bila obat mengandung zat tertentu yang tidak dapat diterima oleh sistem kekebalan tubuh. Reaksinya bervariasi, mulai yang ringan seperti ruam, gatal atau bahkan melepuh dan gatal di permukaan kulit.


BERITA LAINNYA
Hindari Makan Kepala Ikan, Inilah Alasannya
Kamis, 17 November 2016 | 20:46:28
Tujuh Tips Untuk Memperlambat Rambut Beruban
Kamis, 17 November 2016 | 20:44:53
7 Cara Ampuh Basmi Jerawat
Kamis, 17 November 2016 | 20:43:12
BERIKAN KOMENTAR