depan

Drone Buatan Lokal Unjuk Gigi di Negeri Sendiri

Rabu, 16 September 2015 | 22:27:39

Beritainhil.COM BOGOR – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bertugas menyediakan citra pengideraan jauh untuk memantau seluruh wilayah Indonesia. Untuk mendapatkan citra yang jernih tanpa gangguan awan, LAPAN menggunakan ‘drone’ dan pesawat tanpa awak.

Unmanned Aeral Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak diklaim lebih murah dan efisien ketimbang teknologi foto udara. Drone dan pesawat tanpa awak akan menghasilkan resolusi yang lebih tinggi, sehingga keseluruhan wilayah Indonesia dapat terpantau dengan lebih jelas.

Menurut Kepala LAPAN, Prof Thomas Djamaluddin, penginderaan jauh pihak LAPAN teknologi drone dan pesawat tanpa awak dapat digunakan untuk melakukan pemetaan wilayah untuk membangun berbagai infrastruktur di Indonesia.

“LAPAN menggunakan pesawat tanpa awak dan drone untuk menghasilkan penginderaan jauh yang lebih rinci, tujuannya agar kita mendapatkan gambaran dalam membangun infrastruktur, baik itu transportasi maupun pembangunan agraria,” ujar Prof Thomas, di Bogor, Jumat (6/2/2015).

LAPAN sendiri memiliki sekira 20 unit drone dengan berbagai ukuran dan memiliki kemampuan berbeda antara satu dengan lainnya. LAPAN sendiri telah menggunakan teknologi drone dan pesawat tanpa awak sejak 2011.

Selain LAPAN, drone nyatanya telah dikembangkan oleh beberapa pihak seperti militer dan juga institusi perguruan tinggi. Contohnya, Direktorat Topografi TNI Angkatan Darat telah menggunakan drone untuk keperluan pengawasan perbatasan dan media tempur.

Selain militer, Institut Pertanian Bogor juga mulai mengembangkan drone buatan mereka walau dengan ukuran yang tak terlalu besar.


BERITA LAINNYA
samsung Galaxy S7 Melenggang di 2016?
Selasa, 20 Oktober 2015 | 19:00:28
Amerika Menantang Jepang dalam Duel Robot Raksasa
Rabu, 16 September 2015 | 22:42:58
5 Jenis Drone dengan Harga Terjangkau
Rabu, 16 September 2015 | 22:30:20
Drone Buatan Lokal Unjuk Gigi di Negeri Sendiri
Rabu, 16 September 2015 | 22:27:39
BERIKAN KOMENTAR