banner_header 728 x 90
besar bawah menu
Loading...

Inhil Waspada Diare

Sabtu, 10 Oktober 2015 | 22:00:22
Plt Dinas Kesehatan dr Satu Pakhpahan

‎Tembilahan, Berita Inhil.Com - Meskipun saat ini peningkatan kasus penyakit diare di sejumlah wilayah sudah dapat ditekan, namun dinyatakan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masih dalam status waspada diare.

Pernyataan tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhil, dr Saut Pakpahan saat ditemui detikriau.org di kantornya, Jalan M Boya Tembilahan, kemarin.

Dikatakan Saut, dalam upaya penanggulangan wabah pengakit diare baru-baru ini, pihaknya telah menurunkan tim kesehatan serta membentuk pos pengobatan 24 jam di lokasi masyarakat yang banyak terkena penyakit diare, seperti di Kecamatan Batang Tuaka, Pelangiran, Tempuling dan Keritang.

“Penyebab terserangnya penyakit ini, pada umumnya adalah dari air yang digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari, yang berasal dari sumur atau sungai dan tidak dimasak smpai mendidih,” tutur Saut.

Oleh karena itu, dokter spesialis penyakit dalam ini mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk merebus air sampai mendidik terlebih dahulu, sebelum diminum atau digunakan untuk memasak, serta mencuci gelas dan piring.

Namun jika ada keluhan dan gejala penyakit diare, seperti sakit perut, bocor atau muntah-muntah, maka masyarakat disarankan agar segera berobat di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat, guna mendapatkan penanganan medis dan pengobatan sejak dini.

“Seandainya terkena gejala-gejala di atas, langsung saja meminum olarit atau larutan gula dan garam (gula 1 sendok teh dan garam seujung sendok atau secukupnya),” imbuhnya.(dro)‎


BERITA LAINNYA
Loading...
Buka MTQ Kempas, Bupati Minta Juri Objektif
Selasa, 4 September 2018 | 19:46:18
Bupati Inhil Buka Jambore Kader PKK Tahun 2018
Jumat, 31 Agustus 2018 | 19:48:40
BERIKAN KOMENTAR
loading...