depan

Penderita Ispa Meningkat

Capat 1321 Kasus
Selasa, 29 September 2015 | 14:43:13
Berita Terkait:
Tembilahan, Berita Inhil.Com - Sebanyak 1321 orang warga di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau terserang penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akud (ISPA).

Data ini dirangkum Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil sejak kabut asap melanda di daerah tersebut yaitu sekitar beberapa bulan terakhir.

"Jumlah yang terserang ISPA sampai saat ini sebanyak 1321 dan ini bukan jumlah yang sedikit," Kata Plt Dinkes Inhil, Dr Saut Pakpahan melalui sambungan telepon, Senin (28/9). 

Iamengatakan, sebagian besar warga yang terserang ISPA tersebut adalah anak-anak, sehingga ia juga menghimbau agar para orang tua benar-benar bisa memperhatikan anak-anak mereka agar tidak beraktivitas diluar rumah.

"Jika terpaksa beraktivitas diluar rumah, kami menyarankan untuk menggunakan masker," Tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyarankan agar masyarakat yang merasa telah terserang ISPA untuk sesegera mungkin melakukan pengobatan ke unit kesehatan terdekat. 

"Jika mengalami batuk berkepanjangan disertai flu maka segeralah berobat ke puskesmas atau tempat pengobatan terdekat," Sarannya. 

Lebih jauh ia menyampaikan bahwa bagi masyarakat yang ingin melakukan pengobatan di unit kesehatan seperti puskesmas tidak perlu khawatir karena biaya pengobatan digratiskan. 

"Tidak ada pungutan biaya, semua itu gratis kecuali di rumah sakit, karena itu hasil rujukan,"Tandasnya.(***)

BERITA LAINNYA
Buron Curat di Inhil, Dibekuk di Tengah Kebun Kelapa
Senin, 20 Februari 2017 | 10:27:44
18 Remaja Digiring Saat Pesta Lem dan Tuak di Inhil
Jumat, 27 Januari 2017 | 21:01:03
BERIKAN KOMENTAR