depan

Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ)

Rabu, 19 Juli 2017 | 16:26:54
EMBILAHAN : Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang dibesut oleh Bupati Inhil, HM Wardan, ternyat menjadi salah satu faktor keberhasilan Puskesmas Tembilahan Hulu mendapat penilaian sebagai Puskesmas Berprestasi Tingkat Pertama se-Provinsi Riau. Diakui oleh Kepala Puskesmas Tembilahan Hulu, Rosdinah, dengan DMIJ dukungan untuk memajukan puskesmas pembantu (Pustu) di kawasannya menjadi terpenuhi.

"Dari DMIJ berbagai dukungan untuk kami memperkuat puskesmas pembantu yang menjadi tanggung jawab kami menjadi bisa terpenuhi. Seperti di Pustu Desa Sungai Intan, berkat dana DMIJ pustu disana bisa membangun rumah tunggu kelahiran bahkan bisa pula membeli ambulance desa," ungkap Rosdinah, Rabu (19/7/2017), menceritakan apa saja yang membuatnya berhasil melaksanakan tugasnya di Puskesmas Tembilahan Hulu

Dengan dana DMIJ, sambung Rosdinah, berbagai perlengkapan untuk menunjang rumah tinggal bidan desa agar betah bertugas di pedesaan seperti pembelian genset, juga bisa dilakukan.

"Alhamdulillah, jadi bidan-bidan yang ditempatkan di desa bisa betah disana. Kita sangat terbantu dengan DMIJ yang dicetus Pak Wardan ini," tegasnya.

Selain DMIJ, papar Rosdinah pula, dukungan lainnya dari Pemkab Inhil dan Pemerintah Kecamatan Tembilahan Hulu tentu tak dinafikannya. Apalagi, dukungan dari Tim Penggerak PKK Inhil. Seperti disebutkan Rosdinah, TP PKK merupakan salah satu yang berada di garis terdepan pada pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan yang dilaksanakan Puskesmas Tembilahan Hulu.

"Banyak sekali kami terbantu pada berbagai kegiatan yang dilakukan. Seperti sosialisasi kesehatan ibu dan anak, dengan bantuan TP PKK, ini menjadi mudah," katanya.

Tak cuma itu, urai Rosdinah, Puskesmas Tembilahan Hulu bahkan saat ini menjadi puskesmas yang telah melakukan IVA Tes terbanyak di banding puskesmas lainnya di Inhil. Ini adalah tes bagi pemeriksaaan kanker rahim yang selalu mengancam kaum ibu.

"Berkat bantuan TP PKK yang langsung dikomandoi oleh ibu TP PKK Inhil, ibu Zulaikha, kami sudah melakukan IVA tes bagi 1447 wanita di Tembilahan Hulu. Dan alhamdulillah tidak ada yang positif terkena kanker rahim di wilayah kami," ungkap Rosdinah senang.

Setelah mendapatkan penghargaan yang membuat puskesmas dipimpinnya itu terbaik dibanding 225 puskesmas lainnya se-Riau, Rosdinah ternyata tak henti pada impian kerjanya menjadi lebih baik lagi. Saat ini target terbesarnya adalah menjadikan Puskesmas Tembilahan Hulu menjadi puskesmas percontohan di Inhil bahkan di Riau.

"Untuk itulah kami berharap dibawah kepemimpinan Pak Wardan, berbagai dukungan dapat tersalur terus dari Pemkab Inhil. Seperti DMIJ dan banyak lainnya. Kami ucapkan terimakasih pula atas dukungannya selama ini," pungkas Rosdinah.(***)

BERITA LAINNYA
Semangat Bupati Inhil Upayakan Penyelamatan Kebun Kelapa
Minggu, 17 September 2017 | 17:25:17
Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ)
Rabu, 19 Juli 2017 | 16:26:54
BERIKAN KOMENTAR