depan

Pembukaan Kampanye Keselamatan Pelayaran Tahun 2017

Jumat, 12 Oktober 2017 | 11:57:19
Humas
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil Menyampaikan Sambutan
Beritainhil.com - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Inhil, Drs H Afrizal MP membuka secara resmi Kampanye Keselamatan Pelayaran Tahun 2017, Rabu (11/10).

Bertempat di Hotel Harmoni Tembilahan, acara ini mengangkat tema Keselamatan Pelayaran Merupakan Kebutuhan Mutlak dan Tanggung Jawab Bersama dalam Rangka Perlindungan Lingkungan Maritim.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau diwakili Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut Dishub Provinsi Riau, Kepala Dishub Inhil, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan se-Inhil, GM PT Pelindo I Tembilahan, Kepala Cabang (Kacab) PT Jasa Raharja Riau, Kacab PT Biro Klasifikasi Indonesia Pekanbaru, Ketua DPD Pelayanan Rakyat (Pera) Riau, Ketua Pelra Inhil, peserta kegiatan. Gosok 

Kampanye ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dinas Perhubungan Provinsi Riau dalam rangka menciptakan tata hubungan kerja yang lebih harmonis dan terpadu demi memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Tujuan kampanye ialah untuk mengingatkan kembali kepada semua pihak pemangku kepentingan, bahwa keselamatan pelayaran adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebagai regulator, tetapi juga tanggung jawab operator dan seluruh masyarakat pengguna jasa transportasi laut. 

Acara ini diisi dengan pemaparan dari narasumber yang berkompeten di bidangnya, juga penyerahan bantuan peralatan keselamatan berupa life jacket oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil beserta rombongan kepada masyarakat. 

Afrizal, saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan bahwa sebagian besar wilayah Inhil adalah perairan sehingga transportasi laut memiliki peranan penting bagi masyarakat. 

"Dengan meningkatnya aktifitas kapal laut, baik yangbmelewati perairan Inhil maupun berlabuh maka diperlukan berbagai upaya kita bersama untuk menciptakan tertib berlabuh, tertib bongkar muat, dan aman berlayar", urainya. 

Ia menghimbau kepada agen perusahaan pelayaran kapal untuk lebih memperhatikan ketertiban berlabuh. 

"Alat keselamatan transportasi sungai dan laut harus memenuhi standar keselamatan pelayaran. Karena keselamatan penumpang harus menjadi prioritas penyedia moda transportasi", tegasnya.

Kabid Perhubungan Laut Dishub Provinsi Riau, Yulmeindri ST MT menyambut baik kegiatan ini sebagai komitmen bersama. "Hal ini merupakan suatau upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di transportasi laut", ujarnya. 

Ia mengingatkan bahwa keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, pelaut, dan masyarakat pengguna jasa angkutan laut. "Karena lebih dari 80 persen kasus kecelakaan disebabkan oleh kelalaian manusia. Diharapkan kepada pengguna jasa dapat meningkatkam kesadaran betapa pentingnya menjaga keselamatan pelayaran", tutupnya.

BERITA LAINNYA
Rapat persiapan dalam rangka pelaksanaan mtq kabupaten
Selasa, 03 Oktober 2017 | 19:57:17
Pembukaan Kampanye Keselamatan Pelayaran Tahun 2017
Jumat, 12 Oktober 2017 | 11:57:19
Penutupan Pelatihan Muslimat NU
Kamis, 12 Oktober 2017 | 09:52:50
Pelantikan PAC Keritang dan PR se-Kecamatan Keritang
Rabu, 27 September 2017 | 10:50:52
Semangat Bupati Inhil Upayakan Penyelamatan Kebun Kelapa
Minggu, 17 September 2017 | 17:25:17
BERIKAN KOMENTAR