TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Kampung Zakat Kepulauan Meranti: Dompet Dhuafa Riau Gagas Program Yang Efektif dan Berkelanjutan

Dari kiri : wakil ketua 1 BAZNAS propinsi Riau DR Yahanan, Kabid Penaiszawa Kanwil kemenag Riau Drs. H. Shafwan, PLH Kakanwil Kemenag Provinsi Riau DR. H. Muliardi, pimpinan Dompet Dhuafa Riau Hendi Mardika, Kepala Desa Sungai Cina, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti Drs. H Sulaman, Camat Rangsang Barat.

BERITAINHIL.com - KEPULAUAN MERANTI : Dalam rangka mempercepat pembangunan dengan pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi umat, Dompet Dhuafa Riau turut ikut andil dalam program yang digagas oleh Kementrian Agama yaitu Kampung Zakat, (6/6/2023).


Kali ini Dompet Dhuafa Riau ikut andil dan berpartisipasi dalam program Kampung Zakat yang berlokasi di Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Hadirnya Dompet Dhuafa Riau dalam mendukung program ini karena sebagai bentuk tanggung jawab, semangat kepedulian dan kebersamaan selaku lembaga amil zakat. Hendi Mardika selaku Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau dalam sambutannya menyampaikan “Program ini adalah bukti nyata dari semangat kepedulian dan kebersamaan yang kami junjung tinggi sebagai lembaga amil zakat yang bertanggung jawab. Kami percaya bahwa kemajuan sebuah bangsa tidak bisa terlepas dari perhatian dan keterlibatan semua pihak, termasuk lembaga sosial dan masyarakat.”- Ujarnya.


Pemilihan Desa Sungai Cina sebagai salah satu lokasi Kampung Zakat bukan tanpa alasan, Meskipun menjadi daerah yg tergolong dalam wilayah 3T yakni terdepan, terluar, dan tertinggal, Desa Sungai Cina juga memiliki potensi sumber daya yang sangat menjanjikan, diantaranya yaitu perkebunan sagu, karet dan kelapa yg berpotensi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. “Desa Sungai Cina adalah sebuah tempat yang penuh potensi dan kekayaan. Namun, kita juga harus menyadari bahwa masih ada saudara-saudara kita yang hidup dalam keterbatasan dan kesulitan. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari komunitas kita, dan sebagai umat manusia yang bertakwa, tugas kita adalah saling membantu dan berbagi beban. Melalui Program Kampung Zakat, Dompet Dhuafa Riau ingin menjadi mitra yang setia dan mendukung perkembangan Desa Sungai Cina.”- Imbuh Hendi Mardika.


Pada kesempatan ini, Dompet Dhuafa Riau membantu mensukseskan program kampung zakat dengan memberikan langsung bantuan berupa dana senilai Rp 200.000.000; dalam kurun waktu 2-3 tahun. Adapun dana yg diberikan ini difokuskan untuk membantu masyarakat di bidang pendidikan, dakwah, kesehatan dan sosial. 


“Kami telah mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat, serta melakukan upaya penelitian yang mendalam untuk mengetahui bagaimana kami bisa memberikan bantuan yang paling efektif dan berkelanjutan. Sehingga kami memilih 4 pilar program ini agar bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, mengurangi kesenjangan sosial, dan memberikan akses yang lebih baik kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.”- Tambahnya.


Pimpinan cabang Dompet Dhuafa Riau dalam sambutannya menambahkan, dalam pembangunan dan pengembangan Kampung Zakat ini perlu adanya kerjasama dan sinergi antar semua stakeholder yg terlibat agar dapat terwujudnya pembangunan yg berkelanjutan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi. 


“Saya ingin menekankan bahwa program ini hanyalah langkah awal. Kita perlu bekerja bersama-sama, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Mari kita jadikan kesempatan ini sebagai titik tolak untuk membangun hubungan yang erat antara Dompet Dhuafa Riau, masyarakat Desa Sungai Cina, dan semua pihak yang peduli dengan kesejahteraan bersama. Ini adalah bentuk nyata dari keikhlasan dan kasih sayang kami sebagai anggota masyarakat yang memiliki kewajiban sosial. Kami berharap bahwa bantuan ini dapat memberikan kelegaan dan memotivasi masyarakat Desa Sungai Cina untuk terus maju dan berkembang.”- Pungkas Hendi Mardika.**

Comments0

Type above and press Enter to search.