TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Jemput Bola di Keritang Dukcapil Inhil Cetak 128 Akte Kelahiran dan 366 KTP-el

BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Untuk mempermudah pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) turun langsung melakukan jemput bola di Kecamatan Keritang.


Adapun sasaran tim jemput bola Dukcapil Inhil kali ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Keritang, Madrasah Aliya Nurul Wathan yang akan memasuki usia 17 tahun, dan masyarakat se-Kecamatan Keritang.


Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil, Mizuar Efendi melalui Kabid Pencapil Inhil Supriandi mengatakan, bahwa selama di sana Dukcapil Inhil menerima berbagai macam pelayanan diantaranya seperti akte kelahiran, akte kematian, dan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) serta pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD).


"Untuk akte kelahiran, total keseluruhannya jumlah yang diterbitkan sebanyak 128 akte kelahiran yang langsung kita cetakkan, dan ada beberapa juga yang melakukan perbaikan akte, sementara untuk akte kematian totalnya ada 8," kata Supriandi Kabid Pencapil Kabupaten Inhil itu saat diwawancarai wartawan, Senin (23/10/23).


Supriadi menjelaskan, bahwa selama melakukan jemput bola di Kecamatan Keritang, pihaknya sedikit mengalami kendala yaitu masih banyak warga yang ditemukan anaknya belum masukkan ke dalam Kartu Keluarga (KK) sehingga belum bisa diproses dalam pembuatan akte kelahiran.


"Kendala pembuatan akta kelahiran ini masih banyak kita temui di lapangan nama anak belum masuk ke KK, jadi akte belum bisa dicetak harus mengurus KK terlebih dahulu," sebutnya.


Sementara itu, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi (PDIP) Disdukpencapil Kabupaten Inhil, Aldi Kusnandar menambahkan, untuk perekaman KTP-EL saat jemput bola di Kecamatan Keritang totalnya berjumlah 397.


"Untuk keseluruhannya 397 orang yang telah melakukan perekaman KTP-el, untuk siswa/siswi yang dibawah umur sekitar 105 orang yang ikut perekaman KTP, perbaikan KTP-EL ada 8 orang, sementara total KTP yang dicetak langsung di sana berjumlah 366 KTP-el," ujarnya.


Selain itu, Sekretaris Disdukpencapil Kabupaten Inhil Meiza Hardi mengatakan, bahwa bulan depan pihaknya akan melakukan jemput bola di Kecamatan Kuindra. Kendati begitu, dirinya menghimbau kepada warga Kecamatan Kuindra untuk hadir di kantor Camat untuk mengurus adminduk.


"In Sya Allah bulan November nanti kita targetkan jemput bola di Kecamatan Kuindra, dengan ini kita menghimbau masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan bisa langsung datang ke kantor Camat Kuindra," imbuhnya.

Comments0

Type above and press Enter to search.