TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Aplikasi Dukcapil Inhil Tidak Muncul di Play Store, Begini Penjelasan H. Nursal Sulaiman

 

Drs. H. Nursal Sulaiman Plt Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil.

BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Salah seorang warga merasa kesulitan untuk mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk) via online karena belum memiliki Aplikasi Dukcapil Inhil yang dirilis oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir.


Hal tersebut diketahui saat dirinya hendak mendaftarkan keluarganya menggunakan aplikasi Dukcapil Inhil yang sebelumnya di download di play store. Namun dia terkejut karena saat hendak mendownload aplikasi tersebut sudah tidak muncul di deretan play store.


"Tadi udah cek, bolak balik dari aplikasi Dukcapil Inhil, tapi tak ketemu," katanya.


Dia mengatakan, bahwa dengan adanya aplikasi tersebut tentunya sangat membantu masyarakat khususnya yang berdomisili jauh dari kota Tembilahan.


"Dengan adanya aplikasi ini sangat memudahkan bagi kami masyarakat yang jauh dari kota Tembilahan, tidak perlu lagi pergi pulang, cukup menggunakan aplikasi itu cepat selesai," sebutnya.


Sementara itu, secara terpisah, menanggapi persoalan tersebut, Plt Kepala Disdukpencapil Kabupaten Inhil Drs. H. Nursal Sulaiman mengatakan, bahwa aplikasi Dukcapil Inhil kenapa tidak muncul di play store karena saat ini sedang dalam pembaharuan.


Dia menambahkan, bahwa perbulan Mei kemarin pihaknya telah mendaftarkan kembali aplikasi tersebut di google play store. Namun masih ada yang perlu dilengkapi sehingga membutuhkan waktu untuk memunculkan kembali aplikasi itu ke google play store.


"Aplikasi kita yang di play store harus terus di update, perbulan Mei kita juga ajukan di upgrade, cuman play store kemarin ada jawaban ada kekurangan syarat dari kita, jadi lambat di prosesnya," kata Mantan Kabag Humas Setdakab Inhil ini.


Saat ini, kata Nursal yang juga menjabat sebagai Kepala DPKP Kabupaten Inhil itu, pihaknya tengah melengkapi kekurangan berkas yang di minta oleh pihak play store.


"Sedang kita lengkapi persyaratan itu, karena ada pembaharuan sistem pendaftarannya di play store. Ini tujuannya supaya keamanan dari data yang kita kirim melalui aplikasi yang ada di aplikasi Dukcapil Inhil itu, Itu yang menjaga keamanannya sudah kita serahkan kepada play store," ungkapnya.

Comments0

Type above and press Enter to search.