TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

H. Nursal Imbau Masyarakat untuk Manfaatkan Program Jemput Bola Keliling

 

Kepala Disdukcapil Inhil, H. Nursal Sulaiman dan Kabid Pencapil Inhil, Supriandi foto bersama masyarakat.

BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H. Nursal Sulaiman mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Inhil untuk dapat memanfaatkan program jemput bola keliling yang dilakukan oleh Bidang Pencapil dalam kepengurusan akta. 


Hal tersebut diungkapkan Nursal saat turun langsung memantau pelaksanaan program Jemput Bola pelayanan pembuatan akta didampingi Kepala Bidang Pencatatan Sipil (Kabid Pencapil) Disdukcapil Inhil Supriandi, di Kecamatan Tempuling yang dipusatkan di Desa Teluk Jira, Senin (03/06/2024).


"Kita himbau masyarakat yang belum mempunyai akta kelahiran agar memanfaatkan kesempatan ini, kita sudah datangkan tim Dukcapil langsung ke lapangan untuk memudahkan masyarakat agar tidak susah lagi harus ke Tembilahan, untuk itu manfaatkanlah kesempatan tersebut," katanya.


H. Nursal menerangkan pada program Jemput Bola tersebut merupakan upaya percepatan penerbitan akta. Dia juga menyebut, pihaknya melayani pembuatan seluruh macam akta. 


"Tim Capil Inhil melakukan jemput bola ke Kecamatan Tempuling untuk melakukan pelayanan pembuatan akta, baik akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian," ucapnya. 


Dikatakannya, pada kegiatan tersebut, tampaknya masyarakat lebih dominan mengurus akta kelahiran baik yang kawin tercatat maupun yang menggunakan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) atau kawin tidak tercatat. 


"Pelayanan ini akan berlanjut. Dan besok, Tim pelayanan akta Capil Inhil akan melakukan Jemput Bola pelayanan akta di Desa Sungai Gantang, Kecamatan Kempas," terangnya. 


Mantan Kabag Humas Setdakab Inhil ini juga menyebut dalam pelayanan jemput bola ini tidak hanya khusus bagi masyarakat di desa tersebut, melainkan seluruh masyarakat Inhil yang ingin mengurus dokumen kependudukan dan mendatangi desa yang menjadi lokasi program Jemput Bola. 


"Semua warga Inhil bisa dilayani, bukan hanya khusus desa yang kita datangi saja, tapi semua warga Inhil kalau kebetulan ada di desa tempat kita pelayanan," ungkap Mantan Camat Gaung itu.


Comments0

Type above and press Enter to search.