TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Kolaborasi PLN Icon Plus, PLN UID RKR, dan PLN Batam Hadirkan Koneksi Andal FO 100Gbps Batam-Bintan

BERITAINHIL.com - BATAM ; PLN Group melangkah maju dengan meng-upgrade link konektivitas jaringan fiber optik yang menghubungkan Pulau Bintan dan Batam menjadi kapasitas 100Gbps.


Kegiatan upgrade ini dilakukan oleh Tim yang dipimpin oleh Imam Prasetyo, Manager Unit Layan PLN Icon Plus SBU Sumbagteng Kantor Perwakilan Batam Kepri, Sabtu (27/7/2024).


Kolaborasi ini melibatkan tiga entitas utama PLN Group: PLN Icon Plus, PLN UID RKR, dan PLN Batam. 


PLN Batam berperan sebagai penyedia infrastruktur di daratan Pulau Batam, PLN UID RKR sebagai pemilik infrastruktur kabel fiber optik laut yang menghubungkan Batam dan Bintan, serta PLN Icon Plus sebagai System Integrator (SI) yang mengelaborasikan koneksi ini serta penyediaan infrastruktur dan distribusi fiber optik di Pulau Bintan.


Upgrade link menjadi 100Gbps ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bandwidth data masyarakat Pulau Bintan yang semakin meningkat dan sebagai upaya PLN Group untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 


Koneksi fiber optik ini menjadi jalur backbone yang krusial untuk mendukung layanan digitalisasi ketenagalistrikan PLN UID RKR di Pulau Bintan, layanan pendukung ketenagalistrikan di PLN Batam, layanan Wi-Fi Iconnet bagi masyarakat Kepri, layanan konektivitas/internet Diskominfo Bintan, serta pelanggan kapasitas besar dan konektivitas/internet lainnya dari PLN Icon Plus di Pulau Bintan, termasuk dinas, sekolah, kecamatan, hingga desa.


Kepala Bidang Dinas Kominfo Kabupaten Bintan, Utrizal, mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya PLN Group dalam mendukung kemajuan digitalisasi di Pulau Bintan.


"Kita sudah bekerja sama lama dan baik sekali dengan PLN Icon Plus, dengan upaya jauh ke depan ini tentunya kami sangat berterima kasih karena layanan ke kami dan ke masyarakat akan jauh lebih baik dan berorientasi pada masa depan," ujarnya.


"Apalagi server kami juga ada Collo di Data Center Tier 3 PLN Group di Batam, pasti makin bagus," sebut Utrizal.


Terpisah, General Manager PLN Icon Plus SBU Sumbagteng, Bahru Rodi Ilmawan, menyatakan kolaborasi ini adalah bukti nyata dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan layanan dan mendukung digitalisasi di wilayah Kepulauan Riau. 


"Dengan peningkatan kapasitas ini, kami berharap dapat memberikan koneksi yang lebih handal dan berkualitas bagi seluruh masyarakat dan instansi di Pulau Bintan," katanya.


Ini selaras dengan yang dikatakan oleh Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, bahwa visi PLN Icon Plus untuk menjadi penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi yang terdepan. ***

Comments0

Type above and press Enter to search.