TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

PLN Icon Plus Sumbagteng Dukung Digitalisasi Sektor Pariwisata Desa Wisata Ekang Bintan

BERITAINHIL.com - BINTAN ; PLN Icon Plus terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung digitalisasi sektor pariwisata di Indonesia dengan mengoptimalkan jaringan internet di Desa Wisata Ekang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.


Pengoptimalan jaringan yang dilakukan oleh PLN Icon Plus SBU Regional Sumatera Bagian Tengah (Sumbagteng) Unit Layanan Batam, Kamis (18/7/2024), disambut baik oleh Wayan, pemilik resort Desa Wisata Ekang. 


PLN Icon Plus menyediakan Internet Fiber Optik Cepat, Managed Service Router, Akses Poin, dan penyediaan fasilitas Wi-Fi outdoor gratis berbasis iklan (Wi-Fin) di lokasi ini. 


Kerjasama dengan Desa Wisata Ekang sudah berjalan dari tahun 2023, di mana PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagteng menggantikan provider internet lama yang masih memakai teknologi radio.


Desa Wisata Ekang ini yang terletak di Kabupaten Bintan pernah mendapat endorsement dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, dan juga masuk 300 besar ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021. 


Selain mengoptimalkan jaringan, PLN Icon Plus SBU Sumbagteng juga melaksanakan preventive maintenance secara rutin untuk memastikan keandalan dan kualitas jaringan tetap terjaga. 


Tim teknisi dari PLN Icon Plus SBU Sumbagteng secara berkala melakukan pemeriksaan dan perbaikan, sehingga potensi gangguan dapat diminimalisir.


Dalam kesempatan ini, Wayan pemilik resort di desa tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya atas peningkatan jaringan internet ini.


"Dengan adanya jaringan internet yang lebih baik dan solusi digital PLN Icon Plus, kami dapat lebih mudah mengelola booking online, memperbarui informasi di media sosial, dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi tamu kami. Ini sangat membantu dalam mengembangkan bisnis kami," katanya.


Sebagai bagian dari program optimalisasi jaringan ini, PLN Icon Plus SBU Sumbagteng juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan para pelaku usaha di Desa Wisata Ekang mengenai penggunaan internet yang bijak dan efektif. 


General Manager PLN Icon Plus SBU Sumbagteng, Bahru Rodi Ilmawan, mengatakan PLN Icon Plus selalu siap meng-support masyarakat, termasuk di bidang pariwisata. 


"Kami percaya bahwa dengan jaringan yang andal, kami dapat membantu meningkatkan potensi dan daya tarik wisata di berbagai daerah, termasuk di Desa Wisata Ekang,” ujar Bahru


Terpisah, Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyatakan berkomitmen untuk terus mendukung digitalisasi di berbagai sektor, termasuk pariwisata.


"PLN Icon Plus hadir untuk memberikan solusi terbaik dalam hal konektivitas dan layanan digital yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi daerah," ujarnya. ***

Comments0

Type above and press Enter to search.