TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Tingkatkan Pelayanan Adminduk, Dukcapil Inhil Gelar Rakoor dengan Seluruh Operator

BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Untuk meningkatkan pengetahuan pemahaman dan wawasan dalam  penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Indragiri hilir (Inhil) menggelar rapat koordinasi dengan seluruh Operator Aplikasi Kabupaten, Petugas Pelayanan Pendaftaran, Operator Nasi Uduk Kecamatan, Sabtu (27/7/24).


Penyelenggaraan tersebut dilaksanakan di Aula Hotel Harmoni Tembilahan dengan mengusung tema "Upaya Pencegahan Maladministrasi Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik"


Plt. Kadisdukcapil Inhil Meiza Hardi mengatakan dalam sambutannya bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk upaya meningkatkan serta tertib administrasi kependudukan dan menambah pengetahuan, pemahaman penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan bagi para petugas pelayanan administrasi kependudukan khususnya di lingkungan Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir. Karena, Pelayanan administrasi memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu pemerintahan dan pembangunan di daerah.

"Penyelenggaraan administrasi kependudukan di arahkan sebagai wujud pemenuhan hak asasi setiap orang di bidang administrasi kependudukan, sebagai upaya peningkatan kesadaran penduduk dan kewajiban untuk berperan dalam administrasi kependudukan, pemerintah data statistik kependudukan dan peristiwa kependudukan adanya dukungan terhadap perencanaan pembangunan sistem administrasi kependudukan guna meningkatkan pemberian layanan publik tampa diskriminasi. Meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan salah satunya adanya upaya pencegahan Maladministrasi Dalam pelayanan publik sehingga diperlukan pelatihan dan pembinaan secara kontinyu terhadap petugas administrasi kependudukan agar pelayanan prima dapat di wujudkan," jelasnya.


Untuk itu, Plt. Kadisdukcapil Inhil Meiza berharap agar setelah dilaksanakannya rapat koordinasi ini seluruh peserta bisa lebih meningkatkan kinerja serta dapat memberikan pelayanan yang mudah dan cepat sesuai dengan harapan masyarakat.


"Oleh karena itu, besar harapan saya seluruh peserta yang hadir hari ini benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk terus meningkatkan kinerja serta memberikan Pelayanan yang mudah dan cepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan untuk masyarakat," imbuhnya.


Sementara itu, Pj Bupati Herman mengatakan Administrasi kependudukan memberikan pengakuan hukum identitas individu. Dokumen kependudukan sah dan resmi seperti kartu tanda penduduk (ktp) akta kelahiran dan akta perkawinan menjadi bukti legalitas berbagai urusan administratif, seperti pembuatan SIM, rekening bank, pendaftaran sekolah, pekerjaan dan lainnya.


Pembuatan administrasi kependudukan juga berperan penting dalam penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) yang demokratis. Data kependudukan digunakan untuk menyusun daftar pemilih dan memastikan hak suara setiap warga negara terdaftar dengan benar.


"Untuk itu, semua lapisan masyarakat harus menyadari pentingnya dokumen administrasi kependudukan, tidak hanya masyarakat menengah ke bawah, tetapi juga masyarakat menengah ke atas. Kesadaran masyarakat turut memberikan manfaat optimal dalam Pencatatan kependudukan. Pentingnya administrasi kependudukan tersebut, maka saya meminta melalui acara rapat koordinasi ini, agar pelayanan administrasi kependudukan dapat dilaksanakan dengan baik responsif, efektif dan efisien. Kualitas pelayanan harus menjadi perhatian kita bersama dan kita upayakan semakin meningkat untuk masyarakat," tegasnya.

Comments0

Type above and press Enter to search.