TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Kompak dan Akrab, Nasir-Wardan Ikuti Rangkaian Cek Kesehatan di RSUD Arifin Achmad


BERITAINHIL.com - PEKANBARU ; Usai mendaftarkan diri sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ke KPU Riau, Rabu (28/8/2024), pasangan Muhammad Nasir-H Muhammad Wardan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Arifin Achmad Riau, Kamis (29/8/2024).


Pasangan Nasir Wardan Riau Bersatu (Nawaitu) tiba di RSUD Arifin Ahmad pukul 07.30 WIB. Kedatangan Nawaitu disambut langsung oleh Direktur RSUD Arifin Achmad, drg Wan Fajriatul Mammunah Sp KG. Pasangan ini langsung masuk ke ruang pemeriksaan.


Ketua Tim Pemenangan, Dr Firdaus MT menjelaskan, pemeriksaan kesehatan bagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ini merupakan bagian dari tahapan pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Terdapat tiga poin utama dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, yakni kesehatan fisik, mental serta pemeriksaan narkoba.


"Pemeriksaan lengkap, mulai dari tes darah, penyakit dalam, jantung, paru-paru, fungsi luhur, psikiatri, bedah, ortopedi, saraf hingga pemeriksaan mata," ujar Firdaus, Kamis (29/8/2024).


Sekretaris Tim Pemenangan Nawaitu, Dr Koko Iskandar menambahkan, pemeriksaan pasangan Nasir-Wardan dimulai pukul 08.45 WIB hingga pukul 10.45 WIB. Cek kesehatan dilakukan menyeluruh, mulai dari gigi, mata, Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT), jantung hingga USG organ dalam (Urologi).


"Tes ini untuk memastikan calon kepala daerah tidak memiliki penyakit kronis yang akan mengganggu saat nanti mereka ekerja jika terpilih sebagai kepala daerah," sebut Koko.


Usai melaksanakan tes kesehatan fisik, lanjut Koko, Jumat (30/8/2024) besok, pasangan Nawaitu kembali menjalani rangkaian tes kejiwaan atau psikotes di RSUD Arifin Achmad. Untuk tes ini akan memakan waktu hingga empat jam lebih.


"Besok (Jumat, red) pukul 08.00 WIB akan melaksanakan psikotes. Hasil tes kesehatan ini akan disampaikan pihak RSUD Arifin Ahmad ke KPU Riau. Insya Allah, baik Pak Nasir maupun Pak Wardan siap, baik fisik maupun mental," kata Koko.


Sementara itu, Balon Gubernur Riau, Muhammad Nasir mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi pemeriksaan kesehatan ini.


"Saya rutin melakun cek kesehatan. Sehingga selalu tahu perkembangan kesehatan. Insya Allah tidak ada kendala," ucap Nasir.


Senada dengan Nasir, Balon Wakil Gubernur Riau, H Muhammad Wardan mengungkapkan tidak ada kesulitan dalam menjalani pemeriksaan kesehatan. Semua berjalan dengan lancar dan semua tim sudah bekerja dengan lengkap. 


"Alhamdulillah, kami puas dengan pelayanan rumah sakit. Terimakasih kepada jajaran RSUD Arifin Achmad. Semoga saya bersama Pak Nasir lolos pemeriksaan kesehatan ini untuk kemudian melanjutkan tahapan selanjutnya dalam helat Pilkada Serentak 2024," tutur Wardan.


Di sisi lain, Direktur RSUD Arifin Achmad Riau, drg Wan Fajriatul SpKG mengatakan, RSUD Arifin Achmad Riau telah menyiapkan 80 dokter yang akan memeriksa kesehatan para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik calon gubernur dan wakil gubernur, calon walikota dan wakil walikota, serta calon bupati dan wakil bupati.


"Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, ada tiga jenis pemeriksaan yang dilakukan. Pertama yakni pemeriksaan jasmani, rohani dan napza," terang Wan.(yan)

Comments0

Type above and press Enter to search.