TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Tingkatkan Kapasitas Warga, Pertagas Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Keramba Apung di Kampar

BERITAINHIL.com - Kampar ; Dalam upaya peningkatan kapasitas warga binaan, PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina (Persero) pada Kamis (29/8) menggelar  Pelatihan Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung.  Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 anggota kelompok Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung Kota Garo Kabupaten Kampar Provinsi Riau


Melalui salah satu wilayah operasinya,Pertagas Operation Rokan Area (ORA) menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Kampar sebagai narasumber pelatihan.


Kelompok Budidaya Ikan Keramba Jaring Apung ini telah mendapatkan dukungan dari Pertagas ORA sejak tahun 2022 melalui pendampingan usaha, dukungan sarana serta peralatan berupa bibit ikan dan rumah keramba apung. Dukungan Pertagas ORA tersebut bertujuan untuk melibatkan warga dalam menggali potensi ekonomi setempat. 


Pada kesempatan kali ini, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai Fasilitator, Pertagas juga menyerahkan 1 Unit Perahu Kayu Bermesin kepada Kelompok  yang akan digunakan sebagai alat transportasi anggota dalam berkegiatan budidaya ikan keramba apung. Secara simbolik perahu diserahkan langsung oleh M. Riski Imansyah Lubis, Asman Planing & QHSSE kepada anggota kelompok didampingi Pj Kepala Desa Kota Garo.


Dalam sambutannya Imansyah menyampaikan komitmen Pertagas ORA dalam mendukung peningkatan kapasitas kelompok binaan.  "Kapasitas kelompok binaan menjadi perhatian kami sebagai bentuk tanggungjawab sosial Perusahaan kepada warga sekitar area operasi" tutur Imansyah


Dukungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan Instansi terkait ditunjukkan dengan kehadiran Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Perikanan, Ninik Mamak 4 Suku, Babinsa dan Pj Kepala Desa Kota Garo.


"Sinergi yang erat antara Pertagas dengan kelompok binaan Budidaya Ikan ini sangat kami hargai, karena hal ini merupakan bentuk partisipasi Perusahaan mendukung Dinas Perikanan Kabupaten Kampar" ujar Zulfahmi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar.


Pertagas ORA mengelola operasional penyaluran minyak mentah yang mendukung 1/3 kebutuhan  Nasional dengan pipa sepanjang 360 KM yang melewati lima Kabupaten di Provinsi Riau.


Pj Kepala Desa Kota Garo, Maulana menyampaikan kesannya atas dukungan Pertagas ORA "Senang sekali bisa menerima dukungan Pertagas ORA untuk angota kelompok, juga Pelatihan ini sebagai tambahan ilmu tentang Budidaya Ikan Keramba Apung"  ungkapnya


Head of External Relation Operation West Region yang ikut hadir menegaskan komitmen Pertagas pada usaha meningkatkan kapasitas kelompok binaan “Pertagas berkomitmen untuk terus mengambil bagian dalam kegiatan peningkatan kapasitas kelompok binaan ” ungkap Diana.

 

Media Contact

Diana Santi

Head of External Relation Operation West Region

Email: diana.santi@pertamina.com

Comments0

Type above and press Enter to search.