TfClBUdoGUM6BSO0TfYlGUziBY==

Pj Bupati Erisman Yahya Resmi Membuka UMKM Expo Inhil 2024

BERITAINHIL.com - TEMBILAHAN ; Tingkatkan eksistensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indragiri Hilir (Inhil), Penjabat (Pj) Bupati Erisman Yahya resmi buka UMKM Expo Inhil 2024. Pembukaan berlangsung Senin (21/10) malam, di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

Acara ini digagas Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Inhil bersama Pemerintah Daerah dan Yayasan Mitra Insani. Kolaborasi ini, dikatakan Pj Bupati menjadi upaya pengembangan Produk UMKM.

"Ini kolaborasi apik yang bertujuan memperluas jaringan produk UMKM kita. Sebenarnya kita punya potensi, karena Tembilahan adalah kota yang hidup di malam hari jadi memperluas peluang usaha, karena tidak semua daerah yang malam harinya seramai di kota ini”, tutur Erisman Yahya.

Erisman melanjutkan, peluang meningkatkan UMKM juga sejalan dengan peluncuran Road Map Hilirisasi Kelapa oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) beberapa waktu lalu.

“Bappenas telah me-launching Road Map hilirisasi kelapa, ini kabar baik karena programnya telah masuk dalam kegiatan jangka panjang nasional. Pelaku UMKM harus manfaatkan peluang tersebut, untuk mengolah produk turunan kelapa agar bisa meningkatkan eksistensinya”, imbuh Pj Bupati.

Upaya mengenalkan potensi Inhil telah dilakukan dalam UMKM Expo Inhil 2024 , yakni pengenalan produk kopi Inhil melalui Lomba Barista.

"Beberapa waktu belakang, Hipmi concern mengembangkan Kopi Liberika yang cocok untuk tanah gambut dan rawa. 13 desa sudah kita beri bibit dan dampingi proses pertumbuhannya, lalu kita beli biji kopi tersebut untuk diolah dan dipasarkan. Lomba Barista ini, memberi kesempatan pecinta kopi untuk mengulik Kopi Liberika cocoknya diolah seperti apa agar menarik minat pembeli”, jelas Ketua BPC Hipmi Inhil, Ardiansyah Julor.

Selain Lomba Barista, UMKM Expo Inhil yang berlangsung mulai 21 hingga 26 Oktober mendatang, juga diisi dengan Bazar UMKM, Temu Bisnis, Culinary Space, Pameran Produk, Malam Hiburan, Penampilan Musik dan Kolaborasi Komunitas.








Comments0

Type above and press Enter to search.